21 Lebih Warga Ngawi Mengalami Pengangguran

  • Posted on September 26, 2022
  • News
  • By Gardatv
  • 673 Views

NGAWI - Jumlah warga Ngawi yang tidak bekerja masih cukup tinggi, berdasar data tingkat pengangguran terbuka hingga akhir tahun 2021 lalu mencapai 21.216 jiwa.

Masih minimnya lapangan pekerjaan terlebih pasca pandemi covid-19 membuat tingkat pengangguran terbuka di Ngawi masih cukup tinggi. Berdasar data yang ada angka pengangguran terbuka hingga akhir 2021 lalu tercatat  sebanyak 21.261 jiwa.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPPTK) Ngawi, Supriyadi menjelaskan jumlah tersebut berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat. Diakuinya, terbatasnya jumlah industri membuat tingkat pengangguran terbuka masih tinggi, mayoritas mereka yang belum mendapat pekerjaan merupakan lulusan SMA sederajat yang tidak melanjutkan pada jenjang perguruan tinggi.

Sebagai upaya dalam mengurangi jumlah pengangguran pihaknya menggandeng industri, tidak hanya dari Ngawi namun luar daerah untuk membuat job fair. Disamping itu, pelatihan usaha harapannya masyarakat dapat lebih mandiri,,serta tidak sedikit warga yang lebih memilih bekerja keluar negeri sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“pendataan untuk pengangguran di Kabupaten Ngawi tahun 2021 dari data yang statistik 21.216 jiwa. Tertinggi di golongan SMK sekitar 7 persen, itu tertinggi. Untuk pertumbuhan industri di Ngawi memang tergolong kecil kalau untuk tenaga kerja Ngawi memang tinggi. Untuk kedepannya kita sering memberu informasi terkait lowongan pekerjaan, dan kirta akan melatih kompetensi.” Ungkap Supriyadi , Kabid Ketenagakerjaan DPPTK Ngawi.

Supriyadi optimis tingkat pengangguran terbuka akan terus berkurang. Hal ini seiring dengan nanti adanya kawasan industri di Kabupaten Ngawi sehingga mampu menyerap jumlah tenaga kerja lebih banyak, terutama dari masyarakat Kabupaten Ngawi. [adi/fza]

Author

Gardatv

No description...

You May Also Like