Anggota Dprri Johan Budi Apresiasi Pertanian Organik Pulung Merdiko

  • Posted on July 05, 2022
  • News
  • By Gardatv
  • 253 Views

PONOROGO - Keberhasilan petani mengolah tletong atau kotoran sapi menjadi pupuk organik cair dan pupuk organik padat, dan meningkatkan hasil pertanian, mengundang perhatian banyak pihak. Bahkan anggota DPR RI, Johan Budi pun tertarik dengan karya para petani Desa Pulungmerdiko, Kecamatan Pulung Ponorogo ini.

Johan Budi, secara khusus, melihat langsung lokasi pembuatan pupuk organik cair di rumah Tukirun, warga desa setempat. Anggota Fraksi PDIP DPRRI ini, juga melihat langsung lahan jagung dan padi milik warga, yang sudah menggunakan pupuk organik.

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi ini, medengar penjelasan langsung dari petani, tentang kelebihan pupuk organik berbahan baku tletong atau kotoran sapi ini. Diantaranya, pembuatan POC yang sangat mudah dan murah. Juga pengurangan pupuk kimia, hingga 50 persen. Dan hasil produksi padi yang meningkat dua kali lipat.

Johan mengapresiasi upaya petani ini sebagai capaian yang sangat bagus. Dan temuan petani ini sebagai solusi saat kesulitan pupuk dan upaya peningkatan produksi pertanian, yang murah dan mudah. juga sebagai upaya perbaikan tanah.

“Fakta yang menarik pemanfaatnya begitu banyak, ini tidak hanya mengurangi kimia tetapi juga bisa membantu tanah. Sudah kelihatan mana yang pakai pupuk organik mana yang tidak, kalau yang tidak pakai bawahnya daunnya kering, sementara yang pakai daunnya lebih hijau, tinggi, dan satu pohon dua tongkol jagung.” Ungkap Johan Budi, anggota DPR RI Fraksi PDIP.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi, Johan Budi akan meneruskan hasil diskusi dengan petani pulung, dengan pihak terkait. Sangat memungkinkan, teknologi petani pulung merdiko ini, diterapkan di seluruh Ponorogo, bahkan di aplikasikan secara Nasional. Yaitu, pengolahan limbah, menjadi pupuk organik yang bisa untuk meningkatkan hasil pertanian, sebagai solusi permasalahan kelangkaan pupuk. [tim/fza]

Author

Gardatv

No description...

You May Also Like