Bpk Periksa Aliran Dana Dari Bnpb Untuk Rumah Warga Terdampak Longsor Selopuro

  • Posted on February 03, 2023
  • News
  • By Redaksi News
  • 65 Views

NGANJUK – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendatangi lokasi pembangunan rumah warga terdampak longsor selopuro.

Empat petugas BPK 3 laki laki 1 perempuan langsung memeriksa warga penerima bantuan. Dari 48 warga terdampak longsor selopuro 24 orang diperiksa satu persatu untuk dimintai keterangan terkait aliran dana bantuan dari BNPB.

Dalam pemeriksaan BPK juga hadir BPBD Provinsi Jawa Timur, BPBD Kabupaten Nganjuk, Dinas PUPR, Perkim, Dinas Sosial, serta FoRpimcam Ngetos.

Abdul Wakid Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nganjuk membenarkan adanya uji petik dari BPK karena Nganjuk juga bagian dari penerima bantuan BNPB. Pembangunan rumah sudah dimulai sejak 17 Januari 2023 dan ditargetkan 2 bulan selesai.

“Anggaran yang digunakan kami menerima bantuan dana siap pakai dari BNPB 2 miliar 400 juta dengan 48 unit, tiap rumahnya 50 juta. Lahan ini kita pinjam pakai dan sudah turun suratnya dari gubernur.” Ujar Abdul Wakid, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nganjuk

BPK juga menanyakan detail kondisi rumah yang lama saat longsor terjadi.

Susin warga penerima bantuan mengatakan ia ditanya BPK terkait penerimaan bantuan rumah huni korban longsor selopuro.

“Tadi ditanyai tentang rumah sama uang biaya kontrakan, saya jawab apa adanya. Kalau dihitung-hitung bisa kurang atau enggak. Yang penting kita bersyukur aja.” Ujar Susin, salah satu warga terdampak longsor selopuro.

Selain warga terdampak pelaksana bangunan juga diperiksa BPK. Untuk diketahui pembangunan rumah warga terdampak longsor selopuro dikerjakan oleh paguyuban pengembang Nganjuk yang dimintai bantuan PLT Bupati untuk mengerjakan 48 rumah. (hrd/rhi)



Author

Redaksi News

Redaksi madiun

You May Also Like