Longsor Putus Total Jalur Antar Kabupaten, Aktivitas Warga Terganggu

  • Posted on November 15, 2022
  • News
  • By Gardatv
  • 328 Views

PONOROGO - Hujan deras yang terus turun menyebabkan longsor di Ponorogo, Jawa Timur. Akibatnya jalur penghubung antar Kabupaten Ponorogo dan Trenggalek putus total. Badan jalan tertutup material longsor, kini ratusan warga kesulitan beraktivitas.

Jalan penghubung antar Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo ini putus total. Material longsor berupa tanah dan batang pohon menimbun badan jalan, jalur tak bisa dilalui sama sekali. Untuk melintas warga melalui tumpukan material longsor.

Bencana terjadi setelah hujan deras turun lebih dari tiga jam. Akibatnya tebing di sisi jalan longsor dan menimbun badan jalan, jalur putus total dan tak bisa dilalui kendaraan sama sekali.

Hari Selasa pagi warga bersama petugas membuka akses dengan membersihkan material longsor dengan peralatan seadanya. Tebalnya material longsor menyulitkan proses evakuasi, jalur hanya bisa dialui sepeda motor namun belum bisa dilalui mobil.

Untuk membersihkan material longsor dibutuhkan alat berat, selain karena material longsor sangat banyak longsor terjadi di 10 lokasi terpisah.

“Curah hujan yang sangat tinggi kemudian terjadi bencana tanah longsor dan tanah gerak yang ada di Desa Selur. Baru teridentifikasi sekitar 10 titik, memang rata rata mempunyai ketebalan yang harus menggunakan alat berat. Ini satu satunya akses yang menghubungkan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek. Kami kerja bakti bersama masyarakat untuk membuka akses itu, karena memang disini jalur pendidikan anak anak sekolah.” Jelas Suprapto, Kepala Desa Selur

Warga masih menunggu alat berat untuk membuka akses jalan yang tertimbun material longsor. (tim/fza)

Author

Gardatv

No description...

You May Also Like