Longsor Timbun Dua Rumah Warga

  • Posted on March 24, 2023
  • News
  • By Redaksi News
  • 189 Views

NGAWI - Dua rumah warga di desa Pocol, kecamatan Sine, kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mengalami rusak berat akibat tertimpa material longsor, pada kamis petang, kemarin (23/03).

Warga di bantu TNI dan relawan melakukan upaya pembersihan dan evakuasi terhadap material longsor. Jumat (24/03).

Bencana longsor yang diketahui terjadi pada kamis malam kemarin itu, bermula saat wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas cukup deras selama tiga jam lebih. Kondisi tanah yang labil mengakibatkan bukit setinggi 50 meter lebih itu longsor dan menimpa rumah milik warga setempat.

“Habis berbuka, pokoknya masjid setelah adzan magrib itu, pertama saya dengar gemuruh dari sebelah barat itu bunyi akar pohon yang tercabut oleh longsor”, cerita Darsono Sukir, warga sekitar lokasi kejadian.

“Begitu sudah redam, tidak ada gemuruh, justru longsor terjadi disini, dibelakang saya ini. Disini suara gemuruhnya malah lebih keras. Saat itu saya langsung keluar dari rumah dan melihat pohon – pohon itu roboh. Ketinggiannya saya kurang tahu, itu gunung kok. Kalau 50 meter ya lebih”, lanjutnya.

Kerusakan terjadi pada dinding rumah yang jebol, hingga bagian atap juga ambrol. Bencana longsor berdampak juga pada kandang ternak kambing warga, rusak karena tertimpa material longsor.

“Dampak hujan deras kurang lebih selama 3 jam tadi malam mengakibatkan beberapa titik lokasi di wilayah desa Pocol longsor. Terdapat 2 rumah warga dan 2 kandang rusak akibat longsor”, jelas Uswatun Hasanah, Kepala Desa Pocol.

Lebih lanjut, “1 hewan ternak meninggal, dan alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kemudian untuk evakuasi material dibantu oleh relawan. Mungkin untuk selanjutnya karena banyak beberapa titik yang longsor, akan dikerjakan secara swadaya dari masyarakat sendiri”.

Atas peristiwa tersebut, beberapa warga sekitar mengaku khawatir akan terjadinya longsor susulan. Terlebih melihat beberapa tebing lainnya yang juga mulai longsor. (adi/nan).



Author

Redaksi News

Redaksi madiun

You May Also Like