Pembangunan Makam Syeh Sulukhi Dianggap Merusak Cagar Budaya

  • Posted on December 14, 2022
  • News
  • By Gardatv
  • 183 Views

NGANJUK - Makam Syeh Sulukhi yang ada di Desa Wilangan, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang selalu ramai peziarah. Karena tempat peziarah sudah tidak mencukupi, akhirnya panitia membangun tempat peziarah supaya peziarah dapat nyaman dalam berdoa.

Pembangunan makam Syeh Sulukhi ini sebenarnya adalah melanjutkan pembangunan sebelumnya dengan tujuan untuk memperluas area peziarah, tetapi sayangnya pembangunan ini tidak memperhatikan cagar budaya yang selama ini dijaga kelestariannya. Kesakralan makam tidak lagi terlihat, karena saat ini sudah menjadi bangunan baru dari cor semen sehingga tidak nampak cagar budaya lagi. Kerusakan cagar budaya terlihat pada bata peninggalan sejarah yang saat ini hanya ditumpu tidak tertata.

Damiran Darmo Pawiro, juru kunci makam mengatakan kalau dirinya tidak banyak tahu tentang cagar budaya. Pembangunan area makam bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada peziarah supaya kalau musim hujan tidak kehujanan.

“Ingin mengembangkan karena jumlah jamaah yang banyak serta kalau musim penghujan bisa berziarah dengan aman.” Lanjutnya.

Dinas Pariwisata Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk menemukan pengecoran pada sisa bagian area cukup lama dan sejumlah bata kuno dipindahkan dari lokasi aslinya. Bahkan panitia pembangunan membuat lubang yang keperuntukannya tidak jelas.

Amin Fuadi, Pegawai Disparporabud mengatakan panitia pembanguan tidak melakukan koordinasi dalam melakukan pembangunan, sehingga merusak sisa peninggalan bersejarah yang ada. Disparporabud tidak melarang adanya pembangunan untuk peziarah, namun seharusnya mempertahankan situs budaya peninggalan Syech Sulukhi.

“Telah terjadi perusakan struktur yang tersisa merupakan bagian yang cukup lama. Yang ingin kami pertahankan itulah cagar budaya sisa dari makam Syech Sulukhi, ternyata oleh panitia tanpa ada pemberitahuan dan koordinasi langsung melaksanakan pengrusakan.” Kata Amin Fuadi, Pegawai Disparporabud.

Dalam sejarahnya, Syech Sulukhi merupakan murid dari Sunan Ampel yang saat itu diutus mencari logistik dan perbekelan untuk kepentingan membangun Masjid Demak hingga akhirnya beliau wafat di Kecamatan Wilangan. (dto/fza)


Author

Gardatv

No description...

You May Also Like