Puluhan Desa Krisis Air Bersih, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Droping Air

  • Posted on October 11, 2021
  • News
  • By Redaksi News
  • 36 Views

NGAWI_Salah satu yang mendapat kiriman air bersih dari BPBD Ngawi adalah Dusun Pojok, Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu, Ngawi. Raut wajah bahagia pun tergambar dari puluhan warga yang antusias menyambut kedatangan 2 tangki air bersih ini.

Secara bergantian, warga mengambil air bersih dari tanki yang disalurkan ke tampungan berupa terpal. 12 ribu liter air bersih ini untuk sekitar 250 jiwa yang ada di Dusun Pojok.


Warga setempat sangat membutuhkan kiriman air bersih untuk kebutuhan memasak dan minum. Karena sejak dua bulan terakhir, sumur warga telah mengering seiring kemarau yang melanda wilayah ini. Sementara, untuk kebutuhan MCK, warga memanfaatkan sungai Bengawan.

“ambil air untuk masak sehari – hari, soalnya disini sumurnya sudah kering. Setiap hari kami biasanya mandi di sungai, tapi saat ini sungainya tercemar limbah, jadi tidak bisa lagi mandi disungai. Didesa sini sudah sekitar 2 bulan ini sumurnya mengering”, kata Robiyatul Hadawiyah, warga Dusun Pojok.

Diperkirakan air kiriman ini mampu mencukupi kebutuhan warga selama 3 hingga 4 hari. Baru kemudian BPBD akan kembali mengirimkan bantuan air bersih.

“kita droping air 2 tangki yang saat ini masyarakat sangat membutuhkan. Sekitar 12.000 liter dapat dimanfaatkan 3 hingga 4 hari, untuk 250 jiwa. Setelah itu, kami dari BPBD kembali melakukan droping air”, ungkap Teguh Puryadi, Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Ngawi.

Selain di Desa Banjarbanggi, BPBD Ngawi juga melakukan dropping air bersih ke sejumlah wilayah di Kecamatan Pitu, Kecamatan Kasreman dan Bringin. Dalam sehari total 10 hingga 15 tangki air bersih yang disalurkan.


Selama kemarau melanda, BPBD Ngawi mencatat ada 40 lebih desa tersebar di 10 kecamatan yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih. BPBD juga akan terus menyalurkan bantuan air bersih untuk warga, secara bergiliran selama warga membutuhkan.

Play News Video



Author

Redaksi News

Redaksi madiun

You May Also Like