Menikmati Ayam Lodho Kekep, Dimasak Didalam Kuwali Untuk Mempertahankan Rasa Rempah

  • Posted on October 09, 2021
  • News
  • By Redaksi News
  • 18 Views

PONOROGO_Jika anda sedang berada di Ponorogo, Jawa timur, ada baiknya anda mengunjungi warung Menok. Sebuah warung makan sederhana yang ada di Jalan Baru Kemuning, arah Bendungan Bendo, Kecamatan Sambit, Ponorogo, Jawa Timur.

Tak hanya menyajikan menu ayam goreng. Ditempat ini juga menyediakan menu andalan, namanya Ayam Lodho Kekep. Seperti namanya, Ayam Lodho ini dimasak didalam kuwali, sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat.

Selain lebih sedap karena dimasak menggunakan kuwali. Bumbu rempahnya pun juga lebih terasa karena proses pembuatannya lebih lama dibanding menggunakan panci alumunium.


Proses pembuatannya pun nyaris sama dengan pembuatan Ayam Lodho pada umumnya. Yakni menggunakan bumbu rempah mulai dari daun salam, kunyit, santan, cabai, bawang merah dan bawang putih, kemiri serta sedikit garam.

Sebelumnya, seluruh bumbu dihaluskan dengan cara diulek. Setelah halus, bumbu di tumis sebentar lalu masukan ayam yang sudah dipotong dan dibakar menggunakan arang.

Ketika bumbu sudah meresap, masukan santan aduk hingga mendidih. Untuk membuat bumbu lebih meresap dan dagingnya empuk.  Ayam Lodho dimasak kedalam kuwali berukuran besar selama kurang lebih dua jam.

Setelah muncul aroma sedap, ayam dimasukan kedalam wadah berupa kuwali kecil lalu dihidangkan.

“Bumbunya lebih meresap, gurih dan enak, disantap itu pokoknya bikin nagih. Sering makan disini. Iya sering langganan disini. Dibanding lodho pada umumnya pa bedanya. Ini lebih terasa nyapai dalam bumbunya lebih meresap kalau dimakan pengen nasinya nambah-nambah gitu,” ujar Yulia Juleha pembeli Ayam Lodho.

Sementara nama menu Ayam Lodho Kekep ini diambil dari proses pembuatan Lodho yang diungkep menggunakan kuwali.

“Kita namakan lodho kekep  karena kita masaknya pakai wadah dari tanah yang namannya kekep dan penyajianya pakai kwali, kita pakai seperti itu karena penyajianya biar rapi, rasanya pun lebih sedap dan khas,” jelas Nanik Astika pembuat Lodho Kekep.

Untuk satu porsi Ayam Lodho Kekep beserta nasi dan urap, hanya dibanderol 20 ribu rupiah. Dalam sehari, ditempat ini bisa menghabiskan 30 porsi Ayam Kekep.

Play News Video


Author

Redaksi News

Redaksi madiun

You May Also Like